Ide Bisnis Modal Kecil untuk Fresh Graduate

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang memiliki keinginan kuat untuk membangun bisnis, tak terkecuali anak muda yang baru saja lulus atau berstatus fresh graduate.

Pada umumnya fresh graduate selalu dikaitkan dengan topik “mencari pekerjaan”. Tapi jangan salah, saat ini banyak fresh graduate yang memutuskan untuk langsung terjun ke dunia bisnis daripada mencari pekerjaan di sebuah perusahaan.

Meski begitu, sebagian dari mereka juga memilih untuk bekerja terlebih dahulu sebelum mulai membangun bisnis sendiri. Alasannya karena mereka belum memiliki modal usaha dan perlu mengumpulkannya.

Bagi Anda yang merupakan fresh graduate dan ingin segera memulai membangun bisnis sendiri, namun terkendala modal usaha, Anda bisa memilih bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil.

1. Membuat Kerajinan

Ini adalah bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate pertama. Jika Anda memiliki sense of art yang baik dan memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam kerajinan seni, maka akan sangat tepat jika Anda memilih usaha di bidang kerajinan atau kerajinan tangan.

Dalam bisnis yang berhubungan dengan seni, Anda perlu memilih jenis produk yang unik yang belum banyak digunakan atau belum pernah dibuat sebelumnya.

Dengan begitu, Anda akan memiliki pangsa pasar yang akan mendorong bisnis Anda berkembang pesat.

Dibarengi dengan kemampuan pemasaran yang baik, bukan tidak mungkin jika usaha kerajinan tangan Anda akan mampu berkembang lebih besar dan menembus pasar yang lebih luas.

2. Membuka Jasa Desain Grafis

Berbisnis di bidang jasa memang bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Salah satu bisnis di bidang jasa yang bisa Anda coba adalah membuka jasa desain grafis.

Anda cukup menggunakan laptop atau komputer Anda untuk bekerja dan mulai menghasilkan uang. Banyak yang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan logo, kartu nama, poster, dan flyer.

Ditambah lagi yang menarik, bisnis desain grafis ini merupakan bisnis berskala dunia yang bisa dikatakan sangat menjanjikan dan tidak pernah surut.

Saat ini desain grafis tidak hanya terbatas pada bentuk cetakan seperti poster atau flyer saja, tetapi juga telah merambah kebutuhan desain untuk sebuah website.

3. Menjadi Guru Privat

Manfaatkan keterampilan yang Anda miliki untuk mulai membangun bisnis. Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang memadai, Anda tentu saja dapat menjalankan bisnis les privat.

Selain keterampilan akademik, Anda juga bisa membuka usaha les privat, seperti bermain alat musik, melukis, bahkan memasak.

Karena saat ini yang membutuhkan les privat tidak hanya anak-anak yang bersekolah, tetapi juga ibu-ibu rumah tangga yang terkadang ingin mengambil les untuk menyalurkan hobinya.

Untuk memulai usaha sampingan dengan modal kecil bagi fresh graduate ini, Anda bisa mulai mengajar untuk anak sekolah dan tetangga di lingkungan Anda.

Namun jika Anda bisa mengembangkan peluang bisnis ini dengan baik, maka tidak ada salahnya mencoba membuka jasa les privat yang lebih besar dan profesional.

4. Jual Online

Membuka toko online atau berjualan online bisa menjadi pilihan bisnis yang bisa Anda coba sebagai fresh graduate.

Di antara bisnis lainnya, mungkin berjualan online sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat. Tidak heran menjalankan bisnis online akan menjadi alternatif pertama yang muncul di kepala Anda ketika ingin menjalankan bisnis.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis online. Salah satunya adalah menjadi dropshipper atau reseller. Anda tidak perlu repot melakukan kegiatan produksi atau stocking barang, sehingga modal yang Anda perlukan untuk memulai usaha jauh lebih kecil, bahkan tanpa modal.

Agar sukses menjalankan bisnis sampingan modal kecil bagi fresh graduate ini, pilihlah produk yang dianggap tepat dan memiliki peluang pasar yang baik, sehingga Anda dapat dengan mudah memasarkannya secara online.

Leave a Comment