Ide Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan

Ada banyak bisnis yang cocok untuk pemula di pedesaan, Anda hanya perlu mencari peluang. Menciptakan bisnis atau layanan yang Anda butuhkan akan memberi Anda lebih banyak pendapatan. Yang paling penting adalah Anda tahu jenis bisnis apa yang ingin Anda mulai.

Meski tempatnya di pedesaan, belum bisa bersaing dengan sukses lho. Yuk intip ide bisnis yang cocok untuk pendatang baru di pedesaan!

1. Potong Rambut

Barbershop adalah bisnis yang ideal untuk pemula di pedesaan karena tidak semua orang memiliki keterampilan untuk memotong rambut. Sebelum Anda mulai, cari tahu berapa banyak tempat pangkas rambut di desa Anda.

Jika ada banyak tempat dan tidak terlalu banyak pesaing, dimungkinkan untuk membuka kantor pusat di tempat tertentu dan mengadopsi gaya hidup apa pun jika Anda memiliki keterampilan.

2. Kios Jualan

Memulai bisnis rumahan seperti warung adalah bisnis yang cocok untuk pemula di pedesaan. Selama Anda fokus pada keseimbangan antara harga dan kualitas, Anda dapat membuat pelanggan kembali ke toko Anda.

Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dengan membuka bisnis Anda dengan berbagai cara, mengetahui kebutuhan pelanggan, memberikan pelayanan terbaik dan memberikan harga yang kompetitif.

Misalnya, Anda bisa menyediakan sayuran atau kebutuhan pokok yang tidak dimiliki toko lain. Selain itu, coba cari pengecer lain yang menawarkan harga terendah di pasaran karena produknya masih dalam kondisi baik.

3. Layanan Perbaikan Peralatan Elektronik

Memulai layanan teknik listrik juga merupakan bisnis yang layak untuk dibuka di daerah pedesaan. Setiap rumah pedesaan memiliki TV, kulkas, dan penanak nasi.

Namun, sebagian besar penduduk desa tidak pandai memperbaiki produk listrik tanpa bantuan teknis. Produk elektronik ini mungkin juga perlu diperbaiki dari waktu ke waktu agar bisnis rumahan ini berjalan dengan baik.

4. Warteg

Jenis bisnis kuliner ini mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Semua orang akan senang karena Anda memiliki makanan enak, banyak makanan, dan murah. Salah satu bisnis yang layak di masyarakat pedesaan ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Pastikan Anda memilih lokasi tertentu untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selanjutnya, coba buat daftar yang menarik untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selalu gunakan bahan-bahan segar untuk membuat makanan Anda lebih manis.

5. Jual Token Pulsa dan Listrik

Warga jarang menggunakan aplikasi untuk membeli pulsa dan voucher. Akibatnya, pemberi pinjaman masih undervalued. Bisnis ini cocok untuk pemula di pedesaan, yang merupakan salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil dan risiko kecil.

Jika Anda memiliki banyak uang, Anda juga dapat membangun toko kecil di halaman dengan menambahkan beberapa item ke stopkontak, seperti starter kit, charger, baterai, kit ponsel, kabel OTG.

6. Peternakan

Ide bisnis ke-6 yang cocok untuk pemula di pedesaan adalah tentang bisnis peternakan. Anda bisa mulai beternak ayam, kambing, dan sapi. Jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk bisnis ini, Anda dapat mulai beternak ayam biasa, yang jauh lebih murah daripada sapi atau kambing. Usaha ini sangat sukses karena harga telur ayam lebih mahal dari telur ayam murni. Selain bisa diambil telurnya, telur juga bisa dibeli untuk daging.

7. Sewa tenda dan sound system

Modal untuk membuka usaha persewaan tenda dan sound system cukup besar yaitu bisa mencapai 50 juta rupiah. Ibukotanya adalah tempat membeli berbagai macam perlengkapan dan perlengkapan lengkap, seperti berbagai bentuk tenda, meja, kursi, dan suara.

Meski ibukotanya cukup besar, tapi melihat begitu banyak orang merayakan di desa, orang bisa mendapatkan keuntungan yang menandingi ibukota. Selain itu, ada sangat sedikit pesaing!

8. Jasa Fotokopi dan Percetakan

Ide bisnis lain yang bisa Anda coba adalah jasa copy dan print. Pelaku usaha seringkali memberikan jasa penyalinan teks atau gambar dari buku, kertas, atau sumber lain, yang cukup bermanfaat karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan jasa fotokopi dan percetakan sebagai syarat pendaftaran tersendiri.

Modalnya tidak terlalu besar dan mudah digunakan karena Anda hanya perlu memasukkan kertas ke dalam fotocopy.

Demikian informasi sederhana dari UKM Pemberdayaan tentang Bisnis yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan, semoga dapat bermanfaat. Semangat terus untuk UKM Indonesia.

Leave a Comment