Mempercepat Waktu Propagasi DNS

Mengubah catatan DNS/Record DNS dapat menyebabkan situs web Anda bermasalah, karena tidak dapat dijangkau /tidak dapat dikunjungi untuk sementara waktu. Begitulah kira-kira pembahasan tulisan ini untuk menjelaskan bagaimana Anda dapat meminimalkan waktu henti (downtime) atau propagasi DNS saat mengubah Record DNS.

Konkrit masalahnya adalah Name Server mau diganti karena yang semula menggunakan layanan dari cloudflare, akan dikembalikan menggunakan Name Server dimana domain didaftarkan. A record juga akan diganti karena ip server berbeda dengan sebelumnya.

Nah biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama kan… Jika mengikuti hitungan default TTL (Time To Live) yang biasa digunakan layanan register domain adalah 24-48 jam, artinya cachenya akan bertahan selama 24-48 jam. Namun dengan berdasarkan pengalaman pribadi hal ini akan kita persingkat waktu propagasi DNSnya.

Record Name Server (NS)

Kita mulai dari Record Name Server, NS harus dalam keadaan siap pakai. Dalam kasus saya, NS belum siap karena NS nya justru akan dirubah.

Langkah pertama adalah saya menghapus site di cloudflare. Karena pertimbangan tertentu untuk site yang ini saya tidak menggunakan layanan cloudflare.

Masuk ke akun Cloudflare, pilih menu Website, kemudian pilih site yang akan dihapus, kemudian scroll ke bawah sampai menemukan bagian Advance Action kemudian pilih “Remove Site from Cloudflare”.

 

Remove Site From Cloudflare

 

Klo Anda masih ada bayangan untuk kembali menggunakan layanan cloudflare bisa pilih yang “Pause Cloudflare on Site”. Tapi saya pilih yang hapus saja.

Langkah Kedua, mengubah Name Server pada DNS Record di panel pengelolaan domain dimana domain didaftarkan. Kali ini saya mendaftarkannya di Niagahoster.

NS Niagahoster

 

NS yang semula menggunakan NS dari Cloudflare, saya kembalikan ke NS default dari Niagahoster. Sebenarnya cukup Ns1 dan NS2 saja, tapi saya isi sampai NS4nya hahahaha…

DNS Record

Jika masalah Anda tidak seperti yang saya alami bisa langsung ke langkah berikutnya. Artinya Anda tidak merubah NS Website Anda. Anda hanya akan merubah A Record karena pindah server/hosting.

Jadi Katakan saya memiliki A Record untuk www.w-e-b-saya.xyz yang menunjuk ke alamat IP 193.112.199.131 dengan nilai “Time To Live” (TTL) disetel ke 3600 (1 jam). Kemudian saya sekarang ingin memperbarui A Record ini mengarah ke alamat baru dengan IP 193.112.189.214.

Jika Saya baru saja mengubah Recordnya sekarang, DNS resolver di seluruh dunia yang tidak memiliki cache data lama akan langsung melihat alamat IP baru (193.112.189.214). Tetapi resolver DNS yang menyimpan catatan ini dalam cache (misalnya, resolver yang sudah menanyakan Server Name Saya 8 menit yang lalu) masih akan melihat alamat IP lama (193.112.199.131). Jadi, jika resolver menanyakan Server Name Saya 8 menit yang lalu, ia akan melihat data lama untuk 52 menit berikutnya karena nilai “Time To Live” disetel ke (3600) 1 jam yang berarti bahwa rekaman dapat di-cache selama 1 jam. Jika TTLnya disetel 14400 (4 Jam) maka tentu akan lebih lama lagi.

DNS Record Niagahoster

Solusi untuk mengatasinya, agar waktu propagasi tidak lama adalah dengan merubah secara bertahap TTLnya.

Ingat lakukan secara bertahap, cukup 2x perubahan, misal mulai mengisi TTLnya dari 30, jangan lupa save/simpan. kemudian tunggulah sekitar 30 menit – 1 jam (jangan tanya kenapa 30 menit – 1 jam ya hehehe, klo ditanya juga saya akan jawab itu waktu untuk ngopi dulu hahahaha), kemudian ubah kembali ke setingan default dari penyedia layanan, biasanya 14400 atau 86400 (24 jam).

Kenapa akhirnya diganti ke TTL default dari penyedia layanan domain name? Kok ga TTL nya dibuat kecil saja  nilainya. TTL yang kecil dapat memberatkan nameserver, tetapi dapat berguna ketika mengubah DNS record untuk segera dapat digunakan (live).

Oh iya gunakan layanan DNS checker online yang bertebaran untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah proses yang dilakukan. Disarankan untuk menghapus cookies browser atau gunakan browser yang berbeda-beda.

Demikian sedikit pengalaman pribadi mempercepat waktu propagasi DNS. Bila ada yang kurang tepat mohon untuk dikoreksi ya… trims sebelumnya.

Leave a Comment