Mengatasi Gagal Ubah Permalinks WordPress di NGINX

Gambaran masalah yang dihadapi:

Tidak bisa merubah model permalinks pada wordpress, hanya model Plain Permalinks (default), yang konon katanya tidak baik untuk SEO dan memang kurang asik dilihat. Default permalinks wordpress yaitu model Plain, susunannya seperti : namadomain/?p=123 dan jika diganti ke model lainnya maka hasilnya akan muncul eror 404.

Kondisi :

Menggunakan VPS dari layanan Vultr dengan Operating System Linux Ubuntu, Aapanel menjadi pilihan Control Panel system yang digunakan karena free dan simple bagi pemula seperti saya, kemudian software web server yang digunakan adalah NGINX seperti rekomendasi dari Aapanel sendiri bukan Apache meskipun Aapanel juga dapat menjalankannya.

Butuh agak lama memecahkan masalah ini. Sempat kepikiran untuk install ulang WordPressnya, tetapi dengan mencari referensi di internet akhirnya dapat menemukan benang merahnya.

NGINX

Ya software Web Server berbasis Nginx inilah yang menjadi kunci jawabannya.

Klo kita cari di internet Kebanyakan tulisan tentang pembahasan permalinks WordPress yang eror, lebih banyak membahas eror permalinks WordPress yang berjalan di web server Apache dan ternyata tidak bisa diterapkan di kasus yang sama namun web servernya menggunakan NGINX.

Jawaban atas eror permalinks WordPress, seperti merubah file .htaccess tidak bisa diterapkan di web server yang menggunakan NGINX. Meskipun file .htaccess ini juga ditemukan di WordPress yang Web Servernya menggunakan NGINX, ya karena memang paket installan default WordPressnya seperti itu, menyertakan file .htaccess.

Troubleshoot

Yang saya lakukan untuk mengatasi eror permalinks wordpress yang berjalan di Web Server NGINX adalah dengan merubah file configurasi di vhostnya dan tidak ada kaitan secara langsung dengan aplikasi Control Panel yang digunakan dalam hal ini Aapanel.

File yang diedit adalah file “namadomain.conf” dimana alamat file ini adalah di “rootdir/www/server/panel/vhost/nginx”, kemungkinan berbeda lokasinya tergantung dari control panel yang digunakan atau juga Distro Linux yang digunakan.

Lokasi file di Aapanel

Kode yang ditambahkan adalah:

location / {
root   /usr/share/nginx/html;
index  index.html index.htm;
try_files $uri $uri/ /index.php?$args;

}

Sebelum file .conf ditambah/diedit

Isi file conf sebelum diedit

 

 

Setelah kode dimasukkan:

Isi file conf setelah diedit

Cara yang saya gunakan ini Alhamdulillah berhasil, tetapi saya masih belum tau kenapa masalahnya muncul di subdomain. Sebelumnya saya juga install WordPress di domain utama permalinksnya ya ga ada masalah, hayoooo… (barangkali ada yang bisa bantu menjelaskan lebih rinci)

Itulah sedikit pengalaman troubleshoot eror permalinks WordPress di NGINX, semoga membantu dan mohon diluruskan bila ada yang salah atau kurang tepat, dan terima kasih sebelumnya ya.

Leave a Comment